Carikan Aku Oleh Oleh Khas Garut

Sudah lama aku kepingin merasakan Oleh Oleh Khas Garut. Makanya aku meminta temanku untuk carikan oleh oleh yang merupakan ciri khas Kota Garut.Mengapa kita suka sekali akan sesuatu yang unik dan terasa lain dari yang biasa kita makan,itulah tabiat yang namanya manusia.

Karena sudah lama aku tinggal di luar negeri, dan Kota Garut adalah tempat asalku, maka aku sangat rindu masakan dan makanan yang asli Garut.Dan yang paling aku inginkan adalah Endog Lewo yang asli buatan Malangbong.Salah satu Oleh Oleh Garut yang paling ternama saat ini.

Seperti namanya, makanan yang disebut endog lewo bentuknya memang mirip endog (telur). Makanan khas ini dinamai endog lewo karena asl-usulnya berasal dari Kampung Lewo di Kecamtana Malambong, Garut. Namun di Kampung Lewo makanan ini lebih dikenal dengan sebutan emplod.

Endog lewo makanan khas Garut terbuat dari singkong. H.Amin (60), salah seorang pengusaha emplod, menerangkan, pembuatan makanan populer tersebut, awal tahun 1980-an. Semula hanya coba-coba, untuk memanfaatkan singkong yang tak terserap oleh pabrik tapioka.

Ternyata mendapat pasaran yang cukup baik. Walaupun sudah banyak jenis makanan lain yang berbahan baku singkong, emplod berhasil meraih peminat.

Mungkin karena kering namun tidak begitu keras.Rangu kata orang Sunda. Sehingga dianggap cocok sebagai makanan ringan yang dapat dimakan di sembarang tempat.

Berbeda dengan comro dan guik yang terkesan formal, karena ukurannya terbilang agak besar, juga agak basah berminyak, emplod berukuran sebesar ujung jari dan tidak tampak berminyak, walaupun sama-sama digoreng. Bahkan bumbunya pun nyaris sama dengan comro dan guik itu.Maka emplod cukup praktis

Hanya beda bahan dan rasa. Selain di Lewo dan Garut, popularitas emplod sudah merambah ke beberapa kota lain di Jawa Barat.

Masyarakat penggemar makanan ringan sudah menerima kehadiran emplod, "kata H. Amin pula, yang dua kali semingu memasarkan produksinya ke beberapa kota di luar kota Garut, rata-rata 5 kuintal.
Carikan Aku Oleh Oleh Khas Garut Carikan Aku Oleh Oleh Khas Garut Reviewed by Bonita on January 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.